Songsong Perubahan

Read more at http://hasbiabhi.blogspot.com/2012/12/cara-memasang-widget-animasi-bergerak.html#kMOEHCHL5P8ZlUHy.99

Rabu, 12 Maret 2014

SILABUS MEDIA PEMBELAJARAN



SILABUS
MEDIA PEMBELAJARAN PAI


A.           IDENTITAS MATA KULIAH

Nama Mata Kuliah         :  Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Jumlah SKS                   :  2 SKS
Semester                         :  4
Program Studi/Program :  Pendidikan Agama Islam (PAI) / S1
Dosen                             :  ASMAWI.

B.            TUJUAN MATA KULIAH

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu memiliki pengetahuan tentang kompetensi dasar media pembelajaran, Hakekat media pembelajaran, Klasifikasi Media Pembelajaran, ketepatan dalam memilih media pembelajaran, perpustakaan sebagai sumber belajar, lingkungan sebagai sumber belajar, Mendesain Media Pembelajaran, pembuatan media presentasi, teknik penggunaan media pembelajaran, dan Penilaian Media Pembelajaran.

C.           DESKRIPSI ISI

Mata kuliah ini merupakan Mata Kuliah Program Studi yang diberikan kepada mahasiswa program studi Pendidikan Ilmu Agama Islam (PAI) di Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo. Dalam perkuliahan ini dibahas materi-materi mengenai Hakekat media pembelajaran, Klasifikasi Media Pembelajaran, ketepatan dalam memilih media pembelajaran, perpustakaan sebagai sumber belajar, lingkungan sebagai sumber belajar, Mendesain Media Pembelajaran, pembuatan media presentasi, teknik penggunaan media pembelajaran, dan Penilaian Media Pembelajaran


D.           PENDEKATAN PEMBELAJARAN

1. Pendekatan    :  Ekspositori dan Inkuiri.
2. Metode           :  Ceramah, tanya jawab, laporan buku/teks, dan diskusi. 
3. Tugas              :  Laporan buku/teks, makalah, penyajian dan diskusi
4. Media             :  Al-Quran & terjemah, Spidol, OHP, White Board (Papan Tulis), LCD,  dan Internet

E.            EVALUASI

Nilai Akhir (NA) mahasiswa pada mata kuliah ini didasarkan atas aspek-aspek : 
1.      Kehadiran dan partisipasi di kelas/N1 (Bobot 1, nilai maksimum 100)
2.      Tugas individu/N2 (bobot 1, nilai maksimum 100)
3.      Penyajian dan Diskusi kelompok/N3 (Bobot 1, nilai maksimum 100)
4.      Ujian Tengah Semester (UTS)/N4 (Bobot 1, nilai maksimum 100)
5.      Ujian Akhir Semester (UAS)/N5 (Bobot 2, nilai maksimum 100)
Nilai Akhir (NA) diperoleh dengan mengakumulasikan nilai setiap aspek sesuai dengan nilai dan bobotnya, kemudian dibagi enam. Sehingga secara sederhana perhitungannya dapat dirumuskan  sebagai berikut :
              N1.1 + N2.1  + N3.1  + N4.2
NA =                            6                         = ……….

Nilai Akhir berkisar dalam rentang angka 0 s.d. 100.
Angka-angka tersebut kemudian dikonversikan ke dalam bentuk nilai A, A-, B+,B, B-, C+, C, D, atau E, dengan ketentuan sebagai berikut.  
Tabel Nilai Akhir dan Bobot
Nilai Akhir Angka
Nilai Akhir Huruf
Bobot
80 – 100
A
4
76 – 79,99
A-
3,7
72 – 75,99
B+
3,3
68 – 71,99
B
3
64 – 67,99
B-
2,7
60 – 63,99
C+
2,3
56 – 59,99
C
2
45 – 55,99
D
1
< 45
E
0

F.            RINCIAN TUGAS KELOMPOK DAN TUGAS INDIVIDU

1.      TUGAS KELOMPOK
a.       Tiap kelompok terdiri dari 4-5 orang
b.      Membuat artikel sesuai dengan judul yang ditentukan dan poer point untuk dipresentasikan.
c.       Mempresentasikan artikel yang telah dibuat dengan ketentuan
2.      TUGAS INDIVIDU

G.           RINCIAN MATERI PERKULIAHAN TIAP PERTEMUAN


Pertemuan 1       : Pengantar Perkuliahan: cakupan, target, metode, tugas, dan evaluasi
                              Pengantar Media Pembelajaran PAI
Pertemuan 2       :  Kompetensi Dasar Media Pembelajaran
Pertemuan 3       :  Hakekat Media Pembelajaran
Pertemuan 4       :  Klasifikasi Media Pembelajaran
Pertemuan 5       : Ketepatan dalam Memilih Media Pembelajaran
Pertemuan 6       :  Sumber Belajar sebagai Komponen  Media Pembelajaran
Pertemuan 7       :  Perpustakaan sebagai Pusat Sumber Belajar
Pertemuan 8       :  UTS
Pertemuan 9       :  Lingkungan Sebagai  Media Pembelajaran
Pertemuan 10     : Membuat Media Pembelajaran Sederhana
Pertemuan 11     :  Pembuatan Media Presentasi
Pertemuan 12     : Teknik Pembuatan Media Berbasis Komputer
Pertemuan 13     : Teknik Penggunaan Media Pembelajaran
Pertemuan 14     :  Penilaian Media Pembelajaran
Pertemuan 15     : Lingkungan sebagai Media Pengajaran
Pertemuan 16     : UAS

H.           DAFTAR PUSTAKA


Arief S. Sadiman, dkk, (2002), Media Pendidikan, Jakarta: Rajawali.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, (2007), Media Pengajaran, Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Rudi Susilana dan Cepi Riyana, (2008), Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian, Bandung: CV. Wacana Prima
Dll.

1 komentar :